Image of Peran Guru Dalam Membentuk Self Esteem Siswa Tunanetra Di Slb A Ykab Surakarta

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Peran Guru Dalam Membentuk Self Esteem Siswa Tunanetra Di Slb A Ykab Surakarta



Ginda Dea Agari 201221020 Peran Guru Dalam Membentuk Self Esteem Siswa Tunanetra Di Slb A Ykab Surakarta. Program
Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuludin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta 2024.
Siswa tunanetra cenderung memiliki self esteem yang rendah karena mereka merasa minder dengan keterbatasannya, maka peran guru menjadi salah satu faktor penting untuk membangun self esteem siswa tuna netra. Self esteem mempengaruhi beberapa aspek penting dari kepribadian seseorang. Self esteem juga merupakan unsur yang mempengaruhi kemampuan seorang siswa untuk belajar dan berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk self esteem siswa tunanetra di SLB A YKAB Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan subjek penelitian yaitu tiga guru kelas di SLB A YKAB Surakarta dan dua informan yaitu kepala sekolah dan guru pendamping. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyelesaian atau kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam membentuk self esteem siswa tuna netra di SLB A YKAB Surakarta melalui peran guru sebagai pengelola kelas dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung, guru mendidik siswa sesuai dengan potensinya, guru sebagai fasilitator dengan menyediakan fasilitas pembelajaran sesuai kebutuhan dan guru sebagai motivator memberikan afirmasi positif. Dengan hal tersebut kepercayaan diri siswa dapat meningkat dan mampu menerima dirinya sendiri.


Ketersediaan

SK202430121.12X7.15 GIN pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 GIN p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this