Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Brand Communication Pengelola Bukit Sidoguro Untuk Menumbuhkan Brand Image Pada Obyek Wisata Bukit Sidoguro Kabupaten Klaten
Murti Ariyani Khasanah. NIM 201211071. Strategi Brand
Communication Pengelola Bukit Sidoguro Untuk Menumbuhkan Brand Image Pada Obyek Wisata Bukit Sidoguro Kabupaten Klaten. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Sektor pariwisata di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat dengan diikuti kemajuan media baik meliput berita, branding wisata, promosi wisata dan informasi wisata dari fasilitas, layanan, dan sarana prasarana dari setiap masing- masing obyek wisata. Salah satunya strategi brand communication yang diberikan pada pengelola Bukit Sidoguro. Wisata bukit Sidoguro melakukan proses brand communication dimana dalam pengelolaannya meggunakan sosial media dan media massa untuk menumbuhkan brand image. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana strategi brand communication pengelola bukit sidoguro untuk menumbuhkan brand image pada obyek wisata Bukit Sidoguro. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi brand communication dalam menumbuhkan brand image obyek wisata Bukit Sidoguro.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, dokumentasi dan observasi yang berhubungan langsung dengan subjek dan objek penelitian. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penegasan kesimpulan.
Penelitian ini menggunakan teori strategi brand communication menurut Galder yang meliputi brand activation terdiri dari direct marketing activation, Sosial Media Activation, promotions Activation, Event marketing activation, sponsorship activation; untuk brand visualitation terdiri dari Logo atau Identitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Wisata Bukit Sidoguro menggunakan direct marketing activation dan promotions Activation dalam menjalin kerja sama dengan salah satu stasiun Televisi yaitu TV News dan media lain. Dalam Sosial Media Activation, pengelola media sosial yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata adalah instagram, facebook, twitter, dan tiktok. Event marketing activation juga dilakukan yaitu dengan mengadakan event tahunan yang selalu digelar di setiap tahunnya yaitu pada bulan syawal seminggu pasca hari raya idul fitri. Namun dalam hal sponsorship activation Wisata Bukit Sidoguro sendiri tidak menentu, hal ini biasanya mengalir jika ada diterima dengan kontribusi saling menguntungkan. Kemudian untuk Logo atau Identitas Bukit Sidoguro sendiri tidak ada karena langsung dengan Dinas Pariwisata tapi untuk ikon dari Bukit Sidoguro adalah wisata diatas bukit kapur.
Ketersediaan
SK202440104.1 | 2X7.5 MUR s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 MUR s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain