Image of Strategi Public Relation  Humas Pt Angkasa Pura  I Adi Soemarmo Dalam Mempertahankan Citra Positif Melalui Program Pkbl (Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan)

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Public Relation Humas Pt Angkasa Pura I Adi Soemarmo Dalam Mempertahankan Citra Positif Melalui Program Pkbl (Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan)



Albi Lutfil Hakim (191211031) Strategi Public Relation Humas Pt Angkasa Pura I Adi Soemarmo Dalam Mempertahankan Citra Positif Melalui Program Pkbl (Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan). Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024
Strategi Public Relation Strategi Public Relation didefinisikan sebagai serangkaian upaya untuk mengelola hubungan antara sebuah perusahaan dan Stakeholder-nya termasuk publik, karyawan, pemerintah dan media. Salah satu aspek terpenting dalam menentukan bagaimana keberhasilan strategi seorang praktisi Public Relation adalah dengan melihat bagaimana suatu citra sebuah perusahaan itu berjalan. Dengan adanya program PKBL ini merupakan wujud dari masyarakat terutama masyarakat lingkungan perusahaan, melalui program ini seorang Public Relation dapat membentuk citra perusahaan sebagai bandara yang peduli dengan masyarakat sekitar serta komitmen perusahaan dalam berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggungjawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan terhadap aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara serta melakukan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Sedangkan Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis teori Strategi Public Relation.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi yang dilakukan oleh Public Relation dalam melaksanakan kegiatan PKBL di PT Angkasa Pura I Adi Soemarmo menggunakan strategi four step of Public Relation dalam mempertahankan citra positif mereka dengan instrumen antara lain yaitu fact finding, planing, taking action and communication serta evaluation. Strategi Fact Finding merupakan pencarian fakta dilapangan setelah mendapatkan pegajuan, maka PT Angkasa Pura melakukan falidasi data. dan untuk Strategi Planning penyusunan program yang dilakuka oleh seluruh Stake Holder terkait program PKBL seperti menentukan anggaran RAB, legalitas serta perizinan dan bagaimana pelaksanaannya disusun ketika pelaksanaan strategi Planning ini. Strategi Takking Action and Communication humas mengambil tindakan melalui program kerja yang telah direncanakan diawal yang sudah disepakati oleh unit lainya, CSR selaku PIC dari program kerja ini melakukan monitoring kegiatan yang telah dijalankannya. Strategi Evaluation melakukan Review atau pengkajian ulanng terhadap hal-hal yang telah dicapai untuk mengetahui bagaimana faktor penghambatannya.


Ketersediaan

SK20244094.12X7.5 ALB sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 ALB s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this