Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Komunikasi Komunitas Mitra Driver Grab Molis Solo Gonilan UMS Dalam Membangun Solidaritas
Faqih Umar Syahputra. NIM: 181211077. Strategi Komunikasi Komunitas Mitra Driver Grab Molis Solo Gonilan UMS Dalam Membangun Solidaritas. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024
Strategi komunikasi dalam kegiatan komunitas merupakan kunci keberhasilan kegiatan komunikasi secara efektif dalam menyebarkan pesan yang bersifat informatif dan persuasif untuk mencapai tujuan dari komunitas. Sehingga, penelitian ini berfokus pada masalah seperti, perbedaan latar belakang driver yang berbeda sehingga menimbulkan perbedaan berpendapat, komunitas kurang memaksimalkan komunikasi dalam aplikasi WhatsApp, sehingga sering terjadi miskomunikasi, komunitas jarang melakukan komunikasi secara verbal, sehingga jarang ada pertemuan atau agenda langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Komunitas Mitra Driver Grab Molis Solo dalam membangun solidaritas.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi dengan membandingkan hasil pengamatan pada strategi komunikasi komunitas yang dilakukan oleh mitra driver Grab Molis Solo Gonilan UMS dengan melakukan pengumpulan data sejenis yang berbeda agar memperoleh kematangan dan kebenaran data yang dikumpulkan. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam membangun solidaritas yang telah dilakukan oleh komunitas Mitra Driver Grab Molis Solo yaitu memilih dan menetapkan komunikator, memilih target sasaran komunikasi, teknik menyusun pesan, dan pemilihan media komunikasi. Pertama, komunikator dipilih berdasarkan kemampuan dalam menyampaikan informasi atau pesan yang berkaitan dengan komunitas, sehingga penyampaian pesan atau informasi tersampaikan dengan baik dan jelas. Kedua, pengurus dan anggota serta customer dipilih sebagai target dan sasaran komunikasi. Ketiga, memperhatikan teknik menyusun pesan komunikasi dalam komunitas untuk menyampaikan informasi kepada pengurus, anggota, dan masyarakat. Keempat, media komunikasi yang digunakan untuk membangun solidaritas yaitu Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Komunitas Mitra Driver Grab Molis Solo berupaya dalam membangun solidaritas dengan mengadakan beberapa acara kebersamaan untuk memperkuat ikatan kekeluargaan antar anggota komunitas. Seperti kopdar satu bulan sekali, aksi sosial komunitas, seperti menjenguk anggota sakit, membantu laka dijalan, hajatan, kebersihan setiap hari Jum’at. Acara kebersaaman tersebut bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar basecamp, sehingga solidaritas komunitas tetap terjaga.
Ketersediaan
SK20244091.1 | 2X7.5 FAQ s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 FAQ s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain