Image of Bimbingan Pribadi Dengan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Tuna Grahita Di SLB-C YPSLB Gemolong

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Bimbingan Pribadi Dengan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Tuna Grahita Di SLB-C YPSLB Gemolong



Dhea Nurrahma Ayuningtyas (191221085). “Bimbingan Pribadi Dengan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Tuna Grahita Di SLB-C YPSLB Gemolong.” Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.

Sekolah Luar Biasa (SLB) merupakan Lembaga pendidikan yang mampu menyelenggarakan dan mewadahi pendidikan secara khusus untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, seperti Anak Tuna Grahita. Rasa percaya diri pada anak tuna grahita tidak muncul begitu saja, melainkan melalui proses tertentu hingga mengarah pada pengembangan kepercayaan diri. Upaya yang dilaksanakan dalam menambah rasa percaya diri pada anak tuna grahita ialah memberikan bimbingan pribadi dengan mempergunakan teknik cognitive defusion untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan diadakannya bimbingan tersebut adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri anak tuna grahita sehingga mereka memiliki public speaking yang baik.
Jenis penelitian yang dilakukan peneliti yaitu penelitian peneltian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) yang langsung terjun ke lapangan, pendekatan yang dipilih berupa fenomenologi. Metodologi yang digunakan dengan melakukan observasi dan membuat daftar pertanyaan wawancara dengan pendukung dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis hanya menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data yang valid.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dampak yang dilalui oleh anak tuna grahita ialah anak tuna grahita tersebut sudah mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya. Anak tuna grahita sedikit demi sedikit mampu bergaul dengan temannya dalam konteks masyarakat dan sekolah. Anak tuna grahita sudah mampu memunculkan sikap senang bermain dengan temannya. Tidak terlihat gugup saat bermain dengan temannya.


Ketersediaan

SK20243094.12X7.15 DHE bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 DHE b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this