Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Rebranding Plaza Klaten menjadi Klaten Town Square
Silvia Suci Permadani (201211034), Strategi Rebranding Plaza Klaten menjadi Klaten Town Square. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Skripsi 2024.
Persaingan pusat perbelanjaan modern yang semakin tumbuh dan berkembang mengharuskan perusahaan melakukan inovasi dan perubahan untuk mengikuti tren dan kebutuhan konsumen di era modern ini. Salah satu upaya strategis yang dapat dilakukan adalah rebranding. Rebranding merupakan proses untuk mengubah dan memperbarui citra suatu merek yang sudah ada agar menjadi lebih baik dan sesuai dengan perkembangan zaman serta harapan konsumen. Plaza Klaten, bangunan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Klaten, merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi strategis di tengah Kota Klaten, menghadapi penurunan daya tarik akibat bangunan kuno dan kurangnya renovasi. Untuk meningkatkan daya saing dan menarik minat konsumen, Pemda Klaten telah berhasil menggaet investor guna melakukan rebranding Plaza Klaten. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi rebranding Plaza Klaten menjadi Klaten Town Square.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan Teknik triangulasi sumber. Dan Teknik analisis datanya dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan penegasan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan melalui empat tahap, yaitu repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching, cukup relevan dalam menciptakan brand baru yang kuat di benak konsumen. Proses Repositioning menargetkan perubahan tren pasar dengan fokus pada industri makanan dan minuman serta aktivitas pameran dan komunitas. Renaming dilakukan dengan mengganti nama Plaza Klaten menjadi Klaten Town Square (KLATOS) untuk mencerminkan perubahan konsep dan visi perusahaan. Redesigning menciptakan sebuah logo yang merefleksikan kekayaan budaya dan alam Kota Klaten dan slogan baru new face, new city, new klaten, desain interior dan eksterior yang lebih modern serta penambahan fasilitas yang futuristik. Tahap Relaunching dilakukan dengan publikasi melalui istragram resmi @klatos.official serta pameran, bazzar. Strategi rebranding yang diterapkan oleh Klaten Town Square menunjukkan keberhasilan dalam mengubah persepsi dan menarik minat konsumen. Namun, proses rebranding Plaza Klaten menjadi Klaten Town Square masih terdapat beberapa hambatan seperti memulai segmen dari awal dan kondisi bangunan sebelumnya yang sudah tua sehingga menghambat dari proses relaunching keseluruhan yang telah di tetapkan. Meskipun demikian, upaya dan komitmen untuk menyelesaikan proses rebranding sesuai rencana telah berhasil memperkuat citra merek dan meningkatkan daya tarik pusat perbelanjaan ini.
Ketersediaan
SK20244089.1 | 2X7.5 SIL s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 SIL s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain