Image of Hubungan Self Acceptance dan Fear of Missing Out (FOMO) Mahasiswa Menerasi Z Pengguna Aplikasi TikTok

PSIKOLOGI ISLAM

Hubungan Self Acceptance dan Fear of Missing Out (FOMO) Mahasiswa Menerasi Z Pengguna Aplikasi TikTok



TikTok kerap menampilkan momen-momen paling menyenangkan dari kehidupan
orang lain yang ingin mereka tunjukkan kepada pengikutnya, Namun hal ini dijadikan tolak ukur dalam kehidupan seseorang hingga menyebabkan kecemasan sosial atau fear of missing out. Self acceptance merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi fear of missing out. Keunikan penelitian ini terletak pada variabel dan objek yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self acceptance dan fear of missing out mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini terdiri dari 106 mahasiswa Gen Z yang berdomisili di Solo Raya dan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Skala psikologis menggunakan jenis skala Likert yang terdiri dari skala self acceptance dan skala fear of missing out yang disusun dengan memodifikasi alat ukur yang sudah ada. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Analisis data menghasilkan koefisien korelasi -0,552 dan sig 0,000, maka hipotesis yang diajukan

peneliti diterima. Artinya, self acceptance mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok memiliki hubungan negatif dengan fear of missing out dan sebaliknya.

orang lain yang ingin mereka tunjukkan kepada pengikutnya, Namun hal ini dijadikan tolak ukur dalam kehidupan seseorang hingga menyebabkan kecemasan sosial atau fear of missing out. Self acceptance merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi fear of missing out. Keunikan penelitian ini terletak pada variabel dan objek yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self acceptance dan fear of missing out mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini terdiri dari 106 mahasiswa Gen Z yang berdomisili di Solo Raya dan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Skala psikologis menggunakan jenis skala Likert yang terdiri dari skala self acceptance dan skala fear of missing out yang disusun dengan memodifikasi alat ukur yang sudah ada. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Analisis data menghasilkan koefisien korelasi -0,552 dan sig 0,000, maka hipotesis yang diajukan

peneliti diterima. Artinya, self acceptance mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok memiliki hubungan negatif dengan fear of missing out dan sebaliknya.


Ketersediaan

SK20247082.12X1.150 THA hPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X1.150 THA h
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1.150
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this