Detail Cantuman
Advanced Search
PSIKOLOGI ISLAM
Hubungan Self Acceptance dan Fear of Missing Out (FOMO) Mahasiswa Menerasi Z Pengguna Aplikasi TikTok
TikTok kerap menampilkan momen-momen paling menyenangkan dari kehidupan
orang lain yang ingin mereka tunjukkan kepada pengikutnya, Namun hal ini dijadikan tolak ukur dalam kehidupan seseorang hingga menyebabkan kecemasan sosial atau fear of missing out. Self acceptance merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi fear of missing out. Keunikan penelitian ini terletak pada variabel dan objek yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self acceptance dan fear of missing out mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini terdiri dari 106 mahasiswa Gen Z yang berdomisili di Solo Raya dan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Skala psikologis menggunakan jenis skala Likert yang terdiri dari skala self acceptance dan skala fear of missing out yang disusun dengan memodifikasi alat ukur yang sudah ada. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Analisis data menghasilkan koefisien korelasi -0,552 dan sig 0,000, maka hipotesis yang diajukan
peneliti diterima. Artinya, self acceptance mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok memiliki hubungan negatif dengan fear of missing out dan sebaliknya.
orang lain yang ingin mereka tunjukkan kepada pengikutnya, Namun hal ini dijadikan tolak ukur dalam kehidupan seseorang hingga menyebabkan kecemasan sosial atau fear of missing out. Self acceptance merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi fear of missing out. Keunikan penelitian ini terletak pada variabel dan objek yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self acceptance dan fear of missing out mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini terdiri dari 106 mahasiswa Gen Z yang berdomisili di Solo Raya dan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Skala psikologis menggunakan jenis skala Likert yang terdiri dari skala self acceptance dan skala fear of missing out yang disusun dengan memodifikasi alat ukur yang sudah ada. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Analisis data menghasilkan koefisien korelasi -0,552 dan sig 0,000, maka hipotesis yang diajukan
peneliti diterima. Artinya, self acceptance mahasiswa Gen Z pengguna aplikasi TikTok memiliki hubungan negatif dengan fear of missing out dan sebaliknya.
Ketersediaan
SK20247082.1 | 2X1.150 THA h | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X1.150 THA h
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X1.150
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain