Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Implementasi Cyber Branding Hotel Setia Budi Madiun Dalam Membangun Brand Awareness
Alfyn Nurrahmawati. NIM 201211120. Implementasi Cyber Branding Hotel Setia Budi Madiun Dalam Membangun Brand Awareness. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Era teknologi digital menuntut suatu perusahaan untuk mengikuti perkembangan tren yang ada salah satunya adalah Hotel. Banyaknya kompetitor hotel baru berbintang di Madiun menyebabkan Hotel Setia Budi Madiun kurang dilirik masyarakat sehingga dalam melakukan branding tidak hanya berfokus pada Instagram, Facebook, Tiktok, Whatsapp, dan Website namun juga menciptakan brand awareness melalui review di google dan Online Travel Agency (OTA). Hotel Setia Budi Madiun cukup aktif menanggapi keluhan melalui Online Travel Agency (OTA), namun kurang optimalnya Hotel Setia Budi Madiun dalam melakukan branding di media sosial lain seperti Tiktok, Facebook, Website. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi cyber branding Hotel Setia Budi Madiun dalam membangun brand awareness melalui penggunaan new media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan cyber branding Hotel Setia Budi Madiun dalam membangun brand awareness melalui penggunaan new media.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang berhubungan langsung dengan subjek dan objek penelitian. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menggunakan teori tiga āIā menurut Deidre Breakenridge yang meliputi Information, interactivity, dan instinct, menunjukkan bahwa Hotel Setia Budi Madiun aktif memberikan informasi terkait dengan hotel yang terdiri dari informasi fasilitas dan pelayanan hotel, informasi kegiatan staff, promo, hari besar, dan informasi lain mengenai perhotelan. Hotel Setia Budi Madiun juga memanfaatkan new media sebagai saran untuk menjalin interactivity dengan masyarakat yaitu menjawab pertanyaan maupun tanggapan di kolom komentar dan Direct Massage (DM), menjawab pertanyaan dan reservasi di Whatsapp dan menjawab tanggapan di OTA. Sedangkan untuk instinct dari Hotel Setia Budi Madiun dengan hotel kompetitor lainnya di Madiun adalah memberikan fasilitas dan pelayanan yang mengutamakan keramahan dengan memberikan apresiasi bagi penginap yang melakukan review di platform OTA sebesar Rp 20.000,- serta membuat warna ciri khas di setiap postingan media sosial, memberikan hastag dan menyisipkan caption sesuai dengan konten yang diunggah.
Ketersediaan
SK20244076.1 | 2X7.5 ALF i | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 ALF i
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain