Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Personal Branding Selebgram Amelia Andani Melalui Media Sosial Instagram @ameliandanii
Nur Rohmah Fitriani. NIM. 201211083. Strategi Personal Branding Selebgram Amelia Andani Melalui Media Sosial Instagram @ameliandanii. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Kehadiran Instagram dimanfaatkan seseorang untuk bersaing dalam hal memperkenalkan dirinya di khalayak umum atau biasa disebut dengan Personal Branding. Salah satu selebgram yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk sarana personal branding adalah Amelia Andani. Amelia Andani dikenal sebagai selebgram dengan konten berbaginya dalam edisi Jumat Berkah. Amel berkeinginan untuk melihat banyak senyum dari orang-orang, yaitu dengan cara berbagi. Unggahannya di Instagram banyak mengarah pada hal-hal positif yang membuat followersnya ingin melakukan hal yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi personal branding Amelia Andani melalui pembawaan diri yang positif melalui media sosial Instagram @ameliandanii.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan aspek personal branding milik Peter Montoya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk personal branding Amelia Andani melalui media sosial Instagram @ameliandanii, bentuk personal branding yang dibangun oleh Amelia Andani melalui media sosial Instagram @ameliandanii lebih mengedepankan bagaimana Amelia Andani berusaha terlihat sebagai selebgram dengan pembawaan diri yang positif, dengan berfokus pada konten Jumat Berkah, dimana dari konten tersebut mampu menginspirasi banyak orang untuk melakukan hingga berbagi kebaikan dengan orang lain. Sesuai dengan teori personal branding milik Peter Montoya yaitu the eight laws of personal branding, media sosial Instagram @ameliandanii menunjukkan bahwa strategi personal branding yang dilakukan Amel dilakukan dengan pembawaan diri yang positif dan kegiatan yang positif. Konten Jumat Berkah yang memiliki salah satu kekhasan suara milik amel “Permisi Bapak, ada makanan” tidak dimiliki oleh selebgram lain. Amel secara konsisten mengunggah konten Jumat Berkah setiap hari Jumat. Melalui konten yang mengarah pada kebaikan, terlihat Amel semakin dikenal publik dan banyak followers Amel yang tergerak untuk melakukan kebaikan, yakni berbagi dalam edisi Jumat Berkah.
Ketersediaan
SK20244074.1 | 2X7.5 NUR s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 NUR s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain