Image of Penghayatan Nilai-Nilai Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah Melalui Jamaah Yasin (Studi Tentang Kegiatan Jama’ah Yasin Al-Barokah Di Desa Sendang Sampir Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen)

AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM

Penghayatan Nilai-Nilai Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah Melalui Jamaah Yasin (Studi Tentang Kegiatan Jama’ah Yasin Al-Barokah Di Desa Sendang Sampir Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen)



Putri Prayoga, 201121003, Penghayatan Nilai-Nilai Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah Melalui Jamaah Yasin (Studi Tentang Kegiatan Jama’ah Yasin Al-Barokah Di Desa Sendang Sampir Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen), Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, Jurusan Ushuluddin dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Agama dengan kehidupan masyarakat adalah dua hal yang saling berpengaruh. Dalam hal ini, keberadan Islam lewat aqidah ahlussunnah wal jama’ah yang dijalankan sejauh mana diterapkan dan dihayati oleh kelompok masyarakat. Jama’ah Yasin Al-Barokah adalah satu contoh kelompok masyarakat yang aktif dalam menjalankan kegiatan keagamaan Islam berbasis aqidah ahlussunnah wal jama’ah di Desa Sendang Sampir yang akan menjadi objek material penelitian ini dengan dua rumusan masalah berikut: 1) Bagaimana bentuk-bentuk aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh Jama’ah Yasin Al-Barokah di Desa Sendang Sampir Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen? dan 2) Bagaimana bentuk penghayatan nilai-nilai aqidah ahlussnnah wal jama’ah yang terjadi dalam aktivitas-aktivitas keagamaan Jama’ah Yasin Al-Barokah? Bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh Jama’ah Yasin Al-Barokah di Desa Sendang Sampir Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen, dan 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk penghayatan nilai-nilai aqidah ahlussnnah wal jama’ah yang terjadi dalam aktivitas-aktivitas keagamaan Jama’ah Yasin Al-Barokah.
Penelitian ini bersifat studi lapangan (field research) dengan menjadikan Jama’ah Yasin Al-Barokah Sendang Sampir sebagai objek material yang dikaji dan nilai-nilai aqidah ahlussunnah wal jama’ah sebagai objek formalnya. Sumber primer yang digunakan adalah Jama’ah Yasin Al-Barokah Sendang Sampir itu sendiri. Sedangkan, sumber sekunder dalam penelitian adalah kajian-kajian yang berkaitan dengan kajian aqidah ahlussunah wal jama’ah dalam penerapannya dalam kehidupan suatu masyarakat. Adapun metode analisis datanya verstehen, dan intepretasi.
Hasil penelitian: 1) Kegiatan keagamaan rutin yang diadakan diantarnya adalah Yasinan Keliling, Pembacaan Maulid al-Barzanji, Pembacaan Ratibul Hadad, Ruwahan dan Ziarah Kubur. 2) Bentuk-bentuk penghayatan nilai-nilai aqidah ahlussunnah wal jama’ah yang dilakukan oleh Jama’ah Yasin Al-Barokah melalui kegiatan keagamaannya adalah sebagai berikut. Pertama, kebanggaan akan tradisi dan ajaran islam: Kelompok Jama’ah Yasin menunjukkan kebanggaan dan kesetiaan mereka terhadap tradisi dan ajaran Islam. Kedua, kegiatan ibadah yang teratur, Jama’ah Yasin Al-Barokah melakukan ibadah secara teratur sesuai dengan tuntunan Islam. Ketiga, kebiasaan berzikir dan doa bersama, menggambarkan kegiatan berzikir dan doa bersama yang dilakukan oleh anggota Jama’ah Yasin Al-Barokah sebagai bagian dari praktik keagamaan mereka. Keempat, pentingnya pengajaran dan pembelajaran, Jama’ah Yasin Al-Barokah menekankan pentingnya pengajaran dan pembelajaran agama Islam. Kelima, partisipasi dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, Jama’ah Yasin Al-Barokah juga terlibat dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.


Ketersediaan

SK20241016.12X3 PUT pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X3 PUT p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X3
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this