Image of Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Ekowisata Taman Air Indonesia (Etasia) Boyolali Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pengunjung

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Ekowisata Taman Air Indonesia (Etasia) Boyolali Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pengunjung



Aprilia Alvita Sari (191211015) Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Ekowisata Taman Air Indonesia (ETASIA) Boyolali Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi jumlah pengunjung di suatu objek wisata termasuk ETASIA. Masyarakat masih kekurangan informasi terkait ETASIA. Selain itu, strategi komuinikasi pemasaran yang diterapkan ETASIA belum optimal. Hal itu terlihat dari kurang optimalnya penggunaan media sosial seperti Instagram dan Youtube sebagai media promosi serta kurangnya SDM untuk mengelola pemasaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang di lakukan pengelola ETASIA Boyolali dalam meninngkatkan jumlah pengunjung.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teori strategi komunikasi oleh Kotler dan Keller. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara terstruktur, keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yaitu pemilik wisata, coordinator, dan pengunjung. Sedangkan teknik analisis data digunakan untuk mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan pengelola dalam mempromosikan ETASIA meliputi kegiatan-kegiatan promosi seperti pemasangan baliho dan spanduk di tempat strategis, branding lewat website dan media sosial seperti Instagram, youtube, dan facebook namun untuk pengelolaan medsos dari ETASIA sendiri memiliki kendala pada sumber daya manusia sehingga kurang maksimal.Maka dari itu, pengelola juga melakukan promosi dengan bekerja sama dengan yayasan Psikologi Anava dan Anugerah Bangsa (ANAVA) dan promosi lewat instagram yayasan. Kemudian untuk menjangkau masyarakat yang awam dengan media sosial, dilakukan promosi secara langsung lewat mulut ke mulut atau face to face sehingga informasi mudah diterima oleh masyarakat. Dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang baik dan mengikuti pembaruan zaman maka wisata ETASIA dapat menarik daya pikat wisatawan untuk sering berkunjung ke wisata air tersebut.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Manajemen, Promosi Ekowisata Taman Air Indonesia (ETASIA)


Ketersediaan

SK20244031.12X7.5 APR sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 APR s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this