Image of Representasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Pendek Topi (Analisis Semiotika Roland Barthes)

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Representasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Pendek Topi (Analisis Semiotika Roland Barthes)



Rahma Hakim Al-Ahmad, NIM 191211104. “REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM PENDEK TOPI (Analisis
Semiotik Roland Barthes)”. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.

Pendidikan merupakan kunci terpenting untuk membangun negara menjadi negara yang lebih baik dari sebelumnya. Namun, di Indonesia sendiri, pendidikan tidak pernah lepas dari persoalan yang begitu kompleks dan sulit diatasi, terutama jika menyangkut krisis pembentukan karakter nilai-nilai moral individu. Di Indonesia sendiri, perilaku kenakalan remaja banyak terjadi dan meningkat setiap tahunnya misalnya banyaknya anak yang tidak memiliki tata krama serta sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Pendidikan karakter yang diterapkan di Indonesia menurut Kementrian Pendidikan Nasional ada 18 nilai pendidikan karakter yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana representasi nilai pendidikan karakter dalam Film Pendek Topi yang disutradarai oleh Thomas Christ dengan durasi film 12 menit dan 12 scene.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang akan mendeskripsikan gambaran bagaimana representasi nilai pendidikan karakter dalam film pendek Topi. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah sumber primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian ini adalah Film pendek Topi dan objek penelitian adalah representasi nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu Analisa semiotika dengan model Roland Barthes. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan kecukupan referensi.
Berdasarkan pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa ada Nilai-nilai karakter yang telah ditemukan terdiri dari 9 nilai pendidikan karakter dari 18 nilai pendidikan karakter dari kementrian pendidikan, Yaitu: (1) kejujuran, (2) disiplin,
(3) mandiri, (4) rasa ingin tau, (5) cinta tanah air, (6) komunikatif, (7) gemar membaca, (8) peduli sosial, (9) Tanggung Jawab.


Kata Kunci : Representasi, Film Pendek Topi, Nilai Pendidikan Karakter,
Semiotika Roland Barthes


Ketersediaan

SK20244054.12X7.5 RAH rPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 RAH r
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this