Image of Strategi Marketing Public Relation Dalam Meningkatkan Wisatawan Staycation Façade Hotel Tawangmangu

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Marketing Public Relation Dalam Meningkatkan Wisatawan Staycation Façade Hotel Tawangmangu



RADIFA ARSHY PURNA NIM 171211157. Strategi Marketing Public
Relation Dalam Meningkatkan Wisatawan Staycation Façade Hotel
Tawangmangu. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Fakultas Ushuludin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said
Surakarta. 2023
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti tentang strategi marketing
public relation dalam meningkatkan wisatawan staycation Façade Hotel
Tawangmangu. Façade Hotel Tawangmangu sering dikunjungi walaupun tidak
memiliki tempat yang luas dan fasilitas kurang lengkap seperti pool, playground
dan venue yang luas, serta masih terbilang hotel baru. Selain itu, Façade Hotel
Tawangmangu sendiri menggunakan konsep boutique hotel yang minimalis dengan
desain modern dengan letak strategis dekat dengan wisata alam menjadi keunikan
tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing
public relation yang dilakukan Façade Hotel Tawangmangu.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif. Teknik mengumpulkan data dan informasi menggunakan metode
informasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah General Manager,
Marketing Komunikasi, Staff Front Office, Wisatawan Staycation, Content Creator
dan Ketua RT setempat yang terkait dengan strategi marketing public relation
Façade Hotel Tawangmangu. Menganalisis data hasil penelitian pelaksanaan
kegiatan marketing public relation yang dilakukan oleh Façade Hotel
Tawangmangu dengan menggunakan teori Kotler.
Hasil dari penelitian ini secara umum yang dilakukan Façade Hotel Tawangmangu
dalam melakukan strategi marketing public relation berupa push, pull dan pass
strategy yang sudah dilaksanakan dengan tepat sasaran. Namun ada dua (2) item
yang dinilai jadi prioritas strategy yaitu bagian push strategy (Sales Call) dan pull
strategy (Direct Booking). Façade Hotel Tawangmangu meningkatkan wisatawan
staycation lebih lanjut sesuai tujuan Marketing Public Relation melalui pass
strategy dengan kolaborasi dengan penggiat media sosial (Key Opinion Leader)
untuk membentuk Identity Media yang eksistensinya baik.
Kata kunci: Strategi Marketing Public Relation, Façade Hotel Tawangmangu,
Wisatawan Staycation


Ketersediaan

SK20244007.12X7.5 RAD sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 RAD s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this