Image of Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Taman Wisata Jlengut Kebonarum Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung

MANAJEMEN DAKWAH

Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Taman Wisata Jlengut Kebonarum Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung



MUHAMMAD IZZUL HAQ NIM 181211025. Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Taman Wisata Jlengut Kebonarum dalam meningkatakn Jumlah Pengungjung. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023
Taman wisata Jlengut Indah merupakan salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Karangduren. Seiring persaingan antara objek wisata lain pemanfaatan media sosial dan juga poster merupakan cara yang ampuh dibandingkan dengan media konvensional lainnya. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola taman wisata jlengut dalam meningkatkan jumlah pengunjung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan pihak terkait dan subjeknya. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan disini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penegasan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu Taman Wisata Jlengut dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial dan pamphlet/brosur meliputi periklanan yakni dengan mempromosikan dan mempublikasin produk yang ditawarkan dengan memanfaatkan pengunjung baik secara langsung maupun melalui chat whatsapp. Kemudian kegiatan personal selling, marketing dan admin kurang efektif merespon story whatsapp namun sering menanggapi pesan masuk di whatsapp. Taman wisata jlengut juga mengadakan promosi penjualan didalam pamflet dengan penawaran – penawaran yang menarik. Selain itu, kegiatan public relations untuk membentuk citra dan kepercayaan pelanggan juga dilakukan dengan beberapa kegiatan seperti pembuatan konten dan mempublikasi penilaian (rating) yang ditinggalkan pengunjung untuk taman wisata jlengut. Tidak hanya itu kegiatan direct marketing juga dilakukan untuk memfasilitasi dan mempermudah pemasaran terhadap pembeli online. Setelah melihat seksama penggunaan media sosial dan pemflet sebagai strategi komunikasi pemasaran ini dianggap berhasil karena dapat meningkatkan jumlah pengunjung di Taman wisata Jlengut.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Taman Wisata Jlengut


Ketersediaan

SK20244009.12X7.5 MUH sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 MUH s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this