Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Cyber Branding Laundry Sepatu Eraser Laboratory Melalui Akun Instagram @eraser.xyz Dalam Meningkatkan Brand Awareness
MUHAMMAD FAUZAAN NURAFI NIM 191211086. Cyber Branding Laundry Sepatu Eraser Laboratory Melalui Akun Instagram @eraser.xyz Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2023.
Eraser Laboratory merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa yaitu laundry sepatu, dimana bisnis yang bergerak dibidang Laundry sepatu ini cukup dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat di Kota Surakarta. Bisnis laundry sepatu ini di daerah Kota Surakarta sudah semakin meningkat masyarakat yang menggeluti bisnis ini, dimana ada nama Laundry sepatu yang cukup dikenal oleh masyarakat yaitu ada Shoes and Care, Kpoint.st, Soc Clean dan juga Eraser Laboratory. Karena persaingan pada Laundry sepatu semakin meningkat membuat Eraser Laboratory mengatur cara bagaimana bisa bersaing dengan Laundry sepatu lainnya. Dengan berbagai cara untuk bersaing dengan laundry sepatu lainnya Eraser Laboratory melakukan Cyber Branding melalui Instagram @eraser.xyz untuk meningkatkan Brand Awareness.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dan informasi dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dapat menjelaskan secara lengkap. Data observasi yang diperoleh peneliti melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dipilih oleh peneliti. Menganalisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada Eraser Laboratory menggunakan Teori 3 “I” dari Deirde Breakenridge. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ini yaitu reduksi data penyajian dan dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah secara umum aktivitas Cyber Branding yang dilakukan Eraser Laboratory melalui Akun Instagram @eraser.xyz dalam Meningkatkan Brand Awareness, dengan menggunakan Teori “I” yaitu Informasi, Interactivity, instinc. Informasi yang disampaikan di Akun Instagram @eraser.xyz cukup aktif untuk meningkatkan brand awareness terhadap pelanggan. Seperti unggahan promo cuci sepatu, before after, proses cuci sepatu, delivery sepatu, package sepatu, repaint, Treatment pada sepatu, member card, toko baru, story Instagram, dan event. Selain itu interactivity yang dilakukan Eraser Laboratory juga cukup aktif seperti membalas komentar, like, hastag, penandaan pada geografis, kolaborasi postingan, repost story dan juga membalas direct message (DM). Instinc disini sebegai pembeda dari laundry sepatu lainnya seperti melakukan campign #wargabantuwarga, melakukan promo yang menarik seperti hari valentine, dan membuat short movie dengan tujuan iklan, booth container yang berada dipelataran ruko. Dalam menggunakan teori ini membuat Eraser Laboratory pada piramida brand awareness yang berada pada tingkatan brand recall yaitu mengingatkan kembali dengan memberikan ciri khusus yang dimilki oleh Eraser Laboratory kepada konsumennya.
Kata kunci: Eraser Laboratory, Cyber Branding, Brand Awareness.
Ketersediaan
SK20244051.1 | 2X7.5 MUH c | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 MUH c
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain