Image of Komodifikasi Perempuan Dalam Channel Youtube Zavilda TV (Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills)

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Komodifikasi Perempuan Dalam Channel Youtube Zavilda TV (Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills)



MUHAMMAD BAYU KUSUMO, 191211118, Komodifikasi Perempuan dalam Channel Youtube Zavilda (Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills), Skripsi, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta, 2023.

Youtube telah menjadi salah satu platform paling populer bagi para kreator untuk membagikan konten mereka kepada khalayak luas dan membangun basis pengikut. Dimana konten-konten tersebut kemudian bisa menjadi sarana untuk mendapatkan keuntungan finansial. Salah satu tren beberapa tahun ini berkembang di Youtube adalah komodifikasi perempuan. Hal tersebut merujuk pada bagaimana perempuan sering kali dianggap sebagai objek yang diperjualbelikan untuk menarik perhatian viewer. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan komodifikasi perempuan dalam channel Youtube Zavilda TV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan content analysis yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggunakan analisis wacana menurut Sara Mills Data yang diperoleh peneliti melalui proses dokumentasi dan studi pustaka dan sumber-sumber lain yang terpercaya kemudian diolah menjadi data untuk penulisan skripsi ini.. Teknik analisis data dengan mengawali pengumpulan data-data berupa video konten dan kemudian mengakhiri dengan menarik kesimpulan dari hasil analisis.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa, citra perempuan, naratif dan stereotip perempuan berhubungan dengan komodifikasi perempuan pada channel Youtube Zavilda TV. Peneliti mendapati beberapa temuan yang menunjukkan gambaran komodifikasi perempuan pada channel tersebut meliputi: Objektifikasi Perempuan dalam Channel Zavilda TV, Penggunaan Bahasa Seksual dan Pola Perilaku Stereotip, Komodifikasi Perempuan dalam Channel Zavilda TV, Pendorong Naratif untuk Menjual Ideologi. Lewat kacamata Sara Mills, peneliti ingin mengungkapkan bahwa dalam channel Youtube Zavilda TV menunjukkan adanya kompleksitas dalam peran perempuan. Hal tersebut menjadi gambaran tentang komodifikasi perempuan yang terjadi pada channel ini. Komodifikasi perempuan dalam media khususnya pada Youtube terbukti bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan konten yang menarik perhatian audiens. Praktek komodifikasi yang terjadi pada channel Zavilda TV merupakan komodifikasi konten yang dapat dilihat dari penonjolan penampilan fisik perempuan, pendorong naratif tertentu, dan pemanfaatan seksualitas konten.
Kata Kunci: Komodifikasi Perempuan, Youtube, Zavilda TV


Ketersediaan

SK20244059.12X7.5 MUH kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 MUH k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this