Image of Komunikasi  Pemasaran Pengelola Objek Wisata Kali Pepe Land Boyolali Dalam Mempertahankan Jumlah Wisatawan

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Komunikasi Pemasaran Pengelola Objek Wisata Kali Pepe Land Boyolali Dalam Mempertahankan Jumlah Wisatawan



Muhammad Adin Prasetyo Nim 191211010. Komunikasi Pemasaran Pengelola Kali Pepe Land Dalam Mempertahankan Jumlah Wisatawan. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2023.
Kali Pepe Land merupakan objek wisata yang memanfaatkan pinggiran sungai sebagai tempat wisata dengan memiliki fasilitas yang modern, area yang luas dan berbasis edukasi. Kali Pepe Land masih satu manajemen dengan perushaan di bidang kuliner yakni PT Wong Solo Grup. Dalam mewujudkan pariwisata berbasis edukasi dan modern Kali Pepe Land oleh pengelola mengalami masa renovasi secara bertahap yang mengakibatkan penurunan kunjungan wisatawan, untuk saat ini objek wisata Kali Pepe Land sementara waktu mengalami penutupan sementara tetapi masih membuka opsi reservasi tempat bagi wisatawan yang ingin memakai fasilitas tempat di Kali Pepe Land. Untuk itu peran dari strategi komunikasi pemasaran sangat penting dilakukan dalam masa renovasi di Kali Pepe Land. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Kali Pepe Land Boyolali Dalam Mempertahankan Kunjungan Wisatawan. Teori yang diterapkan yakni teori Stategi Komunikasi Pemasaran menurut Kotler.
Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan tekinik pengumpulan data dan informasi dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dapat menjelaskan serta mendeskripsikan secara lengkap. Data yang diperoleh peneliti melalui proses observasi, wawancara serta dokumentasi yang telah dipilih oleh peneliti. Menganalisis data hasil peneliti yang dilakukan oleh peneliti kepada Kali Pepe Land Boyolali menggunakan teori Kotler. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesmipulan.
Hasil dari penelitian ini adalah secara umum aktifitas pemasaran yang dilakukan oleh Kali Pepe Land Boyolali dalam mempertahan wisatawan belum menggunakan elemen strategi pemasaran seluruhnya dikarenakan untuk struktur manajemen masih satu manajemen dengan PT Wong Solo Grup, fungsi humas di Kali Pepe Land di kelola langsung oleh HRD dan Marketing. Untuk pemasaran Kali pepe Land Boyolali menggunakan media sosial Instagram, Facebook, TikTok, Website, Youtube. Dimulai dari interaksi antara pengelola dengan wisatawan melalui media Whatsaap bagi yang ingin mereservasi tempat, penampilan hiburan music, kesenian, olahraga, wisata edukasi, kuliner. Akan tetapi dampak dari renovasi bangunan mengakibatkan sulitnya melaksanakan strategi pemasaran langsung ke masyarakat sehingga kegiatan atau event yang ditawarkan di Kali Pepe Land masih monoton saja.


Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Kali Pepe Land Boyolali.


Ketersediaan

SK20244027.12X7.5 MUH kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 MUH k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this