Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada Program Global Wakaf Di Tahun 2022
MEYTA CHANDRA KRISNASARI, NIM 171211125. Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada Program Global Wakaf. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023
Saat ini di Indonesia terdapat salah satu lembaga atau komunitas untuk melaksanakan kedermawanan dari masyarakat, yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang merupakan wadah untuk mengelola isu-isu sosial yang berkaitan dengan kemanusiaan. Wakaf mengharuskan seorang muslim untuk merelakan harta yang diberikan untuk digunakan dalam kepentingan ibadah dan kebaikan. Seperti halnya zakat dan sedekah, wakaf juga memiliki kedudukan yang sangat penting. Aksi Cepat Tanggap (ACT) mempunyai wadah untuk menghimpun dana wakaf yang dijadikan sebuah brand, yaitu Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT). Global wakaf sebagai salah satu brand yang hadir mengelola wakaf sebagai ‘filantropi platinum’ Islam dengan pendekatan kemanusiaan, berbekal pengalaman panjang mengelola isu kemanusiaan global.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada Program Global Wakaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo dalam menarik minat masyarakat pada program global wakaf adalah dengan cara mengkampanyekan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo dengan memaksimalkan platform media sosial yang ada, serta mengcampignkan kegiatan bersama dengan teman-teman media konvensional, seperti Solopos. Selain itu Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan pesan betapa pentingnya berwakaf. Pesan tersebut dikemas degan video-video pendek, narasi, serta ilustrasi yang sangat baik dengan tujuan persuasif dan memberikan bukti pelaksanaan wakaf, distribusi wakaf, penyalurannya seperti apa dan bagaimana (proses), serta waktu penyampaiannya. Pesan tersebut disampaikan kepada khalayak umum dengan tanpa memandang status ekonomi.
Kata kunci: Aksi Cepat Tanggap (ACT), global wakaf, Strategi Komunikasi
Ketersediaan
SK20244004.1 | 2X7.5 MEY s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 MEY s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain