Image of Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada Program Global Wakaf Di Tahun 2022

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada Program Global Wakaf Di Tahun 2022



MEYTA CHANDRA KRISNASARI, NIM 171211125. Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada Program Global Wakaf. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023
Saat ini di Indonesia terdapat salah satu lembaga atau komunitas untuk melaksanakan kedermawanan dari masyarakat, yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang merupakan wadah untuk mengelola isu-isu sosial yang berkaitan dengan kemanusiaan. Wakaf mengharuskan seorang muslim untuk merelakan harta yang diberikan untuk digunakan dalam kepentingan ibadah dan kebaikan. Seperti halnya zakat dan sedekah, wakaf juga memiliki kedudukan yang sangat penting. Aksi Cepat Tanggap (ACT) mempunyai wadah untuk menghimpun dana wakaf yang dijadikan sebuah brand, yaitu Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT). Global wakaf sebagai salah satu brand yang hadir mengelola wakaf sebagai ‘filantropi platinum’ Islam dengan pendekatan kemanusiaan, berbekal pengalaman panjang mengelola isu kemanusiaan global.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada Program Global Wakaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo dalam menarik minat masyarakat pada program global wakaf adalah dengan cara mengkampanyekan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo dengan memaksimalkan platform media sosial yang ada, serta mengcampignkan kegiatan bersama dengan teman-teman media konvensional, seperti Solopos. Selain itu Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan pesan betapa pentingnya berwakaf. Pesan tersebut dikemas degan video-video pendek, narasi, serta ilustrasi yang sangat baik dengan tujuan persuasif dan memberikan bukti pelaksanaan wakaf, distribusi wakaf, penyalurannya seperti apa dan bagaimana (proses), serta waktu penyampaiannya. Pesan tersebut disampaikan kepada khalayak umum dengan tanpa memandang status ekonomi.
Kata kunci: Aksi Cepat Tanggap (ACT), global wakaf, Strategi Komunikasi


Ketersediaan

SK20244004.12X7.5 MEY sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 MEY s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this