Detail Cantuman
Advanced Search
MANAJEMEN DAKWAH
Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Pacitan Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Di Pantai Klayar
Halimatussya’diah (191211004) Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Di Pantai Klayar. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan serta kegiatan komunikasi pemasaran yang telah di lakukan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan merupakan pengelola objek wisata pantai Klayar. Pantai Klayar merupakan salah satu objek wisata unggulan yang menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) terbesar dari sektor pariwisata pada tahun 2019.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif yaitu mengolah hasil data yang berupa kata-kata secara lisan maupun tertulis berupa teks dari para narasumber kemudian diolah menjadi data yang terstruktur dan dapat menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber (data). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam proses penelitian ini antara lain observasi yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, wawancara yakni dengan mengambil beberapa narasumber untuk dikutip menjadi data primer yang penting untuk melakukan proses analisa, serta dokumentasi sebagai data yang digunakan untuk menunjang penelitian.
Hasil penelitian yang di dapatkan oleh peneliti bahwa kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Pantai Klayar yaitu Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan jumlah wisatawan meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Dalam upaya promosi yang paling dominan mempengaruhi peningkatan jumlah pengunjung melalui periklanan dan hubungan masyarakat yang dilakukan secara langsung dalam waktu yang berkala. Hal tersebut dapat dilihat dari kunjungan wisatawan pada tahun 2022-2023 mengalami peningkatan dan menjadi objek wisata paling banyak dikunjungi dibandingkan obejek wisata lainnya.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, Pantai Klayar
Ketersediaan
SK20244025.1 | 2X7.5 HAL s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 HAL s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain