Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Public Relations Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jawa Tengah (Lazis Jateng) Dalam Meningkatkan Brand Awareness
Eliza Geatama Putri, 19.12.11.053, Strategi Public Relations Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jawa Tengah (Lazis Jateng) Dalam Meningkatkan Brand Awareness, Skripsi Progam Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023
Pada lembaga amil zakat peran Public Relations memiliki tugas yang penting, namun Public Relations pada lembaga nirlaba sering terkendala masalah dana dalam pelaksanaan praktik kehumasan. Karena Public Relations yang berkaitan dengan pengelolaan brand awareness seperti dengan membantu dalam mengkomunikasikan program lembaga kepada publik untuk menarik lebih banyak donatur, namun banyaknya LAZ di Jawa Tengah sehingga persaingan antara LAZ menjadi semakin ketat. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan bagaimana strategi public relations lembaga amil zakat Al Ihsan Jawa Tengah (Lazis Jateng) dalam meningkatkan Brand Awareness Lalu, brand awareness seperti apa yang ingin ditingkatkan oleh Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jawa Tengah.
Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti memberikan gambaran data secara deskriptif dari temuan pada lembaga. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan wawancara dengan narasumber yang tepat dalam memberikan informasi, selanjutnya penelitian ini dilakukan observasi dengan mendatangi langsung ke kantor pusat Lazis Jateng, melakukan wawancara dengan Ketua Divisi Humas Lazis Jateng dan Direktur Fundraising, kemudian peneliti menggunakan dokumentasi Lazis Jateng. Selain itu peneliti mengambil data dari buku-buku dan internet sebagai bahan pendukung data.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa strategi public Relations Lembaga Amil Zakat Al Ihsan (Lazis Jateng) Dalam Meningkatkan Brand Awareness meliputi Product Promotions seperti mengelola persepsi publik, komunikasi yang efektif, dan pengetahuan terhadap lembaga. Publicity yang dilakukan Lazis Jateng yaitu Publikasi resmi, publikasi bebas, Tie-In Publicity, dan Paid Publicity. Kemudian pada Lobbying yaitu menggali informasi, pengetahuan terhadap lembaga, dan memproleh sponsorship. Fundrising yang dilakukan Lazis Jateng yaitu dengan Direct Fundraising dan Inderect Fundraising, dan Special Event.
Kata Kunci : Strategi Public Relations, Lembaga Amil Zakat, Brand Awareness
Ketersediaan
SK20244040.1 | 2X7.5 ELI s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 ELI s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain