Image of Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Vien’s Selat Solo Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Vien’s Selat Solo Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen



DESI OKTASARI 181211082. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Vien’s Selat Solo dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023
Vien’s Selat Solo merupakah rumah makan yang menyediakan menu makanan khas Solo yang terletak di Jl. Hasanudin No. 99 D/E, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta yang berdiri sejak 2008. Banyaknya kompetitor dalam bisnis kuliner khususnya rumah makan yang menyediakan menu makanan Selat di kota Solo, membuat Vien’s Selat Solo berusaha untuk lebih meningkatkan pelayan serta menentukan strategi yang tepat untuk penjualan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital Vien’s Selat Solo dalam meningkatkan jumlah konsumen. Penelitian ini penting dikarenakan saat ini masih banyak bisnis kuliner makanan yang belum merambah pada pemasaran digital dalam promosi produknya. Mengetahui strategi pemasaran digital dapat membantu pemilik usaha untuk memilih platform media sosial yang sesuai sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimaksudkan untuk memberikan data seteliti mungkin dari narasumber. Penelitian ini menggunakan teori dimensi digital marketing dari Eun Young Kim (2002) yang elemennya meliputi Cost Transaction, Interactive, Intensive Program, dan Site Design. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara secara mendalam. Adapun narasumber yang diwawancarai antara lain Owner Vien’s Selat Solo, Tim Creative Vien’s Selat Solo, dan Konsumen Vien’s Selat Solo. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Vien’s Selat Solo dalam meningkatkan jumlah konsumen tersebut berdasarkan dimensi digital marketing yang terdiri dari 4 poin. (1) Cost transaction. Vien’s Selat Solo berusaha meminimalisir biaya pemasaran dan promosi dengan menggunakan media sosial yaitu Instagram, Tiktok, Youtube, Website, dan Facebook. (2) Intensive Program. Vien’s Selat Solo memaksimalkan hari besar dengan memberikan promo diskon dengan kurun waktu tertentu. Seperti diskon pembukaan cabang baru, diskon hari raya, dan flash sale pada merchant Shopeefood dan Grabfood.(3) Strategi Interactive. Komunikasi dua arah antara Vien’s Selat dan calon konsumen potensial lebih mudah karena dapat melalui kolom komentar Instagram dan direct message Instagram @viens_selat. (4) Site Design. Vien’s Selat Solo memaksimalkan situs desain website dan media sosial Instagram dengan pemilihan warna tone yang senada dan tampilan eye cacthing. Media yang difokuskan Vien’s Selat Solo untuk kegiatan pemasaran digital yaitu Instagram.
Kata kunci : Strategi komunikasi pemasaran digital, Vien’s Selat Solo, Konsumen


Ketersediaan

SK20244014.12X7.5 DES sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 DES s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this