Image of Manajemen Pelayanan Jemaah Umrah Lansia  (Studi Kasus Pada Ppiu Dewangga Salatiga)

MANAJEMEN DAKWAH

Manajemen Pelayanan Jemaah Umrah Lansia (Studi Kasus Pada Ppiu Dewangga Salatiga)



Muhammad Yudha Ardiansyah. 191231035. Manajemen Pelayanan Jemaah Umrah Lansia (Studi Kasus Pada PPIU Dewangga Salatiga). Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pelayanan yang dilakukan kepada pada jemaah lansia. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Manajemen pelayanan yang dilaksanakan PPIU Dewangga Salatiga terhadap jemaah lansia meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Perencanaan yang dilakukan meliputi perkiraan, penetapan kebijakan dan penetapan tujuan tentang pendaftaran, perlengkapan, manasik umrah, kesehatan, dan keberangkatan. Pengorganisasian terdiri dari direktur utama, direktur operasional, divisi keuangan, divisi marketing, divisi administrasi dan Tour Leader (TL) di PPIU Dewangga Salatiga. Penggerakan dengan menjalankan perencanaan yang telah ditetapkan untuk para lansia serta pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh Tour Leader (TL) PPIU Dewangga Salatiga dan pengawasan tidak langsung dengan meninjau data calon jemaah umrah lansia yang ingin menunaikan ibadah umrah. Faktor pendukung yang dimiliki oleh PPIU Dewangga Salatiga ialah dibantunya oleh lembaga kesehatan untuk memenuhi kebutuhan para jemaah lansia seperti obat dan kursi roda serta dibantu oleh pimpinan kantor pusat yaitu Bapak Her Suprabu untuk membantu pimpinan PPIU Dewangga Salatiga memberikan matern tentang umrah. Faktor pendukung lainnya yaitu tingginya minat calon jemaah umrah lansia karena hubungan antara PPIU Dewangga Salatiga dan alumni jemaah umrah lansia PPIU Dewangga Salatiga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lata belakang jemaah terkait pendidikan dan pekerjaan. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh para jemaah lansia tentang tata cara atau manasik umrah dan minimnya pengetahuan tentang keadaan di luar negara yang membuat jemaah lansia kebingungan.


Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan, Lansia.


Ketersediaan

SK20245017.12X6.3 MUH mPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X6.3 MUH m
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X6.3
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this