Detail Cantuman
Advanced Search
MANAJEMEN DAKWAH
Strategi Promosi Paket Perjalanan Umrah PT Kharisma Haramain Indonesia Surakarta
Hanifah Nurul Ummah, 191231023, Strategi Promosi Paket Perjalanan Umrah PT Kharisma Haramain Indonesia Surakarta, Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.
PT. Kharisma Haramain Indonesia Surakarta memiliki beberapa strategi promosi baik offline maupun online guna memperkenalkan produk dan menarik minat pembeli. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui bagaimana strategi promosi paket perjalanan umrah PT. Kharisma Haramain Indonesia Surakarta dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi promosi paket perjalanan umrah PT. Kharisma Haramain Indonesia Surakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, guna pengambilan sumber data yakni menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa PT. Kharisma Haramain Indonesia menerapkan strategi promosi diantaranya, iklan berupa pemasangan papan nama PT. Kharisma Haramain Indonesia dan spanduk, sales promotion melalui pemberian potongan harga dan hadiah, publikasi atau humas melalui adanya mitra di beberapa daerah, mengadakan acara halal bi halal, pengajian rutin, dan bekerjasama dengan pihak lain dalam bentuk tabungan umrah, personal selling melalui promosi word of mouth atau mulut ke mulut dan mengikuti pameran, direct marketing melalui pesan pribadi direct message instagram, email, whatsapp, dan telepon perusahaan, interactive media, yakni melalui media sosial instagram, facebook, tiktok. PT. Kharisma Haramain Indonesia memiliki faktor pendukung dan penghambat strategi promosi. Faktor pendukung strategi promosi seperti lokasi kantor yang strategis, memberi pelayanan terbaik, paket umrah beragam, harga yang kompetitif, menjalin silaturahmi dengan alumni jemaah umrah melalui halal bi halal dan pengajian rutin, potongan biaya jemaah dialokasikan sebagai infak jemaah, mempunyai marketing di beberapa daerah, tanggapan positif dari masyarakat, dan pendiri dan pengurus asosiasi PERPUHI area Solo Raya. Sedangkan faktor penghambatnya yakni banyaknya penyelenggara umrah, promosi online yang belum maksimal dan masih tergolong lemah dan banyaknya PPIU lain yang menerapkan promosi online, terbatasnya jumlah sumber daya manusia, dan persaingan harga dengan PPIU lain. Dari faktor internal dan eksternal perusahaan dianalisis melalui analisis SWOT berupa matriks IFAS dan EFAS, hasilnya faktor internal sebesar 3,79 dan faktor internal berjumlah 3,61.
Kata Kunci: Strategi Promosi, PPIU, Umrah, analisis SWOT
Ketersediaan
SK20245011.1 | 2X6.3 HAN s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X6.3 HAN s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X6.3
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain