Detail Cantuman
Advanced Search
MANAJEMEN DAKWAH
Strategi Pemasaran Wisata Religi Makam Sunan Pandanaran Bayat
Elsa Nurul Romadhoningrum. NIM: 191231058. Strategi Pemasaran Wisata Religi Makam Sunan Pandanaran Bayat. Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Indonesia mempunyai potensi wisata religi yang besar. Wisata religi khususnya tempat wisata ziarah di Jawa Tengah memiliki daya tarik dan potensi yang besar untuk dijual. Salah satu upaya untuk menarik pengunjung dan meningkatkan jumlah kunjungan adalah adanya strategi pemasaran wisata. Suatu wisata dapat dikatakan wisata religi tentunya juga memiliki kriteria umum tertentu. Salah satunya di Makam Sunan Pandanaran Bayat yang termasuk sebagai wisata religi. Untuk itu, dalam penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana strategi pemasaran yang dilakukan di Makam Sunan Pandanaran Bayat dan kriteria umum wisata religi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan di Makam Sunan Pandanaran Bayat dan mengetahui kesesuaian kriteria umum wisata religi di Makam Pandanaran Bayat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dalam teknik keabsahan datanya. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data kemudian melakukan penyajian data dan yang terakhir dengan menarik kesimpulan dari hasil tersebut.
Hasil penelitian menjunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan di Makam Sunan Pandanaran Bayat adalah bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat atau lokasi (place), promosi (promotion). Keempat elemen tersebut sudah diterapkan di Makam Sunan Pandanaran Bayat. Makam Sunan Pandanaran Bayat ini termasuk dalam wisata religi. Selain karena Sunan Pandanaran merupakan penyebar agama Islam di Bayat, tetapi juga sesuai dengan kriteria umum wisata religi menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan BPH DSN MUI.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, wisata religi, Makam Sunan Pandanaran Bayat.
Ketersediaan
SK20245029.1 | 2X6.3 ELS s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X6.3 ELS s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X6.3
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain