Image of Pengaruh Penggunaan Teknik Roleplay Terhadap Perilaku Marah Anak Di Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah Surakarta

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Pengaruh Penggunaan Teknik Roleplay Terhadap Perilaku Marah Anak Di Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah Surakarta



Samsul Arifin. NIM: 17.12.21.097. Pengaruh Penggunaan Teknik Roleplay terhadap Perilaku Marah Anak Di Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam, Jurusan Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ushuludin Dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta. 2023.
Seorang individu dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menghargai diri sendiri dan perasaan orang lain, mereka dapat belajar perilaku yang baik untuk menangani situasi yang sulit, dan mereka dapat melatih kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Ketika seorang remaja berada pada situasi pengekangan diri, serangan lisan, kekecewaan, atau frustasi maka mereka akan terangsang untuk mengeluarkan amarahnya. Karakter dan perilaku individu sangat dipengaruhi oleh faktor interaksi antar individu, terutama pada teman. Pada panti asuhan Yayasan Nur Hidayah perilaku anak asuh sangat bervariasi. Salah satu perilaku yang dominan terlihat adalah perilaku marah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik roleplay terhadap perilaku marah anak di panti asuhan Nur Hidayah Surakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan pre-eksperimental designs atau eksperimen. Di dalam penelitian pre-eksperimental designs terdapat tiga jenis desain dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan bentuk One-Group pretest – posttest design. Populasi dan sampel menggunakan teknik total sample, dilakukan dengan mengambil sampel yang sama dengan jumlah populasi yang ada, apabila subyeknya kurang dari 100, maka seluruh populasi dapat menjadi sampel penelitian (Arikunto, 2006). Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), dokumentasi, dan observasi. Analisis data mengunakan rumus uji t atau t-test sprated varians yang digunakan untuk menguji hipotesis kompratif dua sampel independen.
Hasil penelitian analisis data yang telah dibahas diketahui nilai t test sebesar 2,493 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,037, hal ini menyatakan bahwa adanya perbedaan rata-rata sebelum dibandingkan dengan sesudah hasil penggunaan teknik roleplay untuk meminimalisir perilaku marah di panti asuhan Yayasan Nur Hidayah Surakarta maka hipotesis H1 diterima dan Ho ditolak karena nilai sig (2-tailed) sebesar 0,037 < 0,05. Kesimpulan menunjukan bahwa rata-rata perilaku marah menurun setelah penggunaan teknik roleplay sebesar 102,20 dibandingkan perilaku marah sebelum penggunaan teknik roleplay sebesar 85,80.
Kata kunci: Teknik Roleplay, Perilaku Marah, Panti Asuhan.


Ketersediaan

SK20243007.12X7.15 SAM pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 SAM p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this