Image of Implementasi Metode Phonic Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Iii Slb-C Ypslb Surakarta

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Implementasi Metode Phonic Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Iii Slb-C Ypslb Surakarta



Diaz Ratna Wardani (191221059), “Implementasi Metode Phonic Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SLB-C YPSLB Surakarta”. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Raden Mas Said Surakarta, Tahun 2023.
Tunagrahita merupakan individu yang memiliki penurunan yang signifikan dalam tingkat intelegensi dimana kondisi anak mengalami penurunan dalam tingkat kecerdasannya. Anak tunagrahita memiliki hambatan dalam kemampuan intelektualnya sehingga pendidikan sangat penting untuk mengembangkan potensi. Salah satu aspek yang harus dikembangkan anak tunagrahita ringan adalah keterampilan membaca, layanan meningkatkan kemampuan belajar membaca siswa tunagrahita ringan diterapkan melalui metode phonic.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan narartif deskriptif teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada pengujian keabsahan data dala penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan hasil penelitian ini dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca siswa tunagrahita ringan.
Hasil dari penelitian ini adalah keterlambatan belajar membaca disebabkan karena siswa tunagrahita ringan mempunyai mood yang tidak stabil, tidak bisa fokus dalam proses belajar membaca, malas belajar, dan suka mengeluh. Melalui metode phonic siswa tunagrahita ringan lebih tanggap dalam mengikuti proses belajar membaca yang sebelumnya siswa belum mampu mengenal bentuk huruf, membaca bentuk huruf, dan merangkai huruf menjadi kata sederhana melalui dukungan metode phonic siswa tunagrahita ringan mampu mengenal bentuk huruf, membaca bentuk huruf, dan merangkai huruf menjadi kata sederhana. Kemampuan belajar membaca siswa tunagrahita ringan ada peningkatan setelah dilihat dari perkembangan membaca siswa tunagrahita ringan melalui kuis tebak huruf dan kemampuan siswa dalam merangkai huruf menjadi kata sederhana. Kemampuan belajar membaca melalui metode phonic ada peningkatan yang maksimal.

Kata kunci : Metode Phonic, Kemampuan Membaca, Tunagrahita Ringan


Ketersediaan

SK20243044.12X7.15 DIA iPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 DIA i
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this