Image of Terapi bermian melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Terapi bermian melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali



Ismail Ichsanudin. 19.12.21.044 Terapi bermian melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali. Program Studi Bimbingan dan Kosneling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negri Raden Mas Said Surakarta. 2023

Penelitian ini membahas mengenai masalah yang terjadi pada anak ADHD yaitu sering gagal memberikan pusat perhatian saat mengikuti proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah,. Cara untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD adalah dengan menerapkan terapi bermain melalui puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses trapi bermain melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali.

Penelitian ini mengunakkan metode penelitian kualitatif diskriptif. Teknik dalam menentukan subjek menggunakkan purposive sampling informan dalam penelitian ini adalah 2 guru pembimbing anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali. Pengujian pengabsahan data mengunakkan tri angulasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan waancara. Teknik analisis data dalam peneltian ini mengunakkan model Miles dan Huberman.

Hasil dari penelitian yang diperoleh dapat di simpulkan bahwa 1. Pelaksanaan terapi bermain melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali dilakukan melalui 3 tahapan yaitu a) tahapan awal yang berisikan mengenai pembukaan pembelajaran, berdoa, persiapan siswa untuk mengikuti pelajaran, melaksanakan kegiatan apersepsi dan pemberian motivasi siswa untuk semangat belajar. b) tahapan kegiatan yang berisikan penyiapan media pembelajaran, guru membagi anak dalam suatu kelompok, pembagian kerangka puzzle, memandu anak dan melaksanakan evaluasi atas permainan yang dilakukan c) tahapan akhir yaitu evaluasi, evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana dampak pemberian terapi permainan. 2. Hasil dari penelitian ini yaitu terapi bermain melalui puzzle dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali,

Kata Kunci : Terapi bermain melalui puzzle, Konsentrasi Belajar ADHD


Ketersediaan

SK2024304.12X5.15 ISM tPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X5.15 ISM t
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X5.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this