Detail Cantuman
Advanced Search
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Terapi bermian melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali
Ismail Ichsanudin. 19.12.21.044 Terapi bermian melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali. Program Studi Bimbingan dan Kosneling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negri Raden Mas Said Surakarta. 2023
Penelitian ini membahas mengenai masalah yang terjadi pada anak ADHD yaitu sering gagal memberikan pusat perhatian saat mengikuti proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah,. Cara untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD adalah dengan menerapkan terapi bermain melalui puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses trapi bermain melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali.
Penelitian ini mengunakkan metode penelitian kualitatif diskriptif. Teknik dalam menentukan subjek menggunakkan purposive sampling informan dalam penelitian ini adalah 2 guru pembimbing anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali. Pengujian pengabsahan data mengunakkan tri angulasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan waancara. Teknik analisis data dalam peneltian ini mengunakkan model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian yang diperoleh dapat di simpulkan bahwa 1. Pelaksanaan terapi bermain melalui media puzzle dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali dilakukan melalui 3 tahapan yaitu a) tahapan awal yang berisikan mengenai pembukaan pembelajaran, berdoa, persiapan siswa untuk mengikuti pelajaran, melaksanakan kegiatan apersepsi dan pemberian motivasi siswa untuk semangat belajar. b) tahapan kegiatan yang berisikan penyiapan media pembelajaran, guru membagi anak dalam suatu kelompok, pembagian kerangka puzzle, memandu anak dan melaksanakan evaluasi atas permainan yang dilakukan c) tahapan akhir yaitu evaluasi, evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana dampak pemberian terapi permainan. 2. Hasil dari penelitian ini yaitu terapi bermain melalui puzzle dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di SLB ABCD Bakti Sosial Simo Boyolali,
Kata Kunci : Terapi bermain melalui puzzle, Konsentrasi Belajar ADHD
Ketersediaan
SK2024304.1 | 2X5.15 ISM t | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X5.15 ISM t
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X5.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain